Senin, 19 Desember 2011

a little piece of my heART special edition : JESUS PAINTING

okaayyy, post terakhir kemarin aku udah janji bakalan post gambar yang lebih banyak
tapi.tapi.tapi, sepertinya belum bisa terkabul juga karenaaa
kali ini saya hanya memberikan 1 lukisan sajaa :(

TAPPPPI, jangan sedih dulu karena lukisan kali ini spesial!
SPESIAL, karena this one is one of my MASTERPIECE till now!
yappp, JESUS PAINTING

berhubung ini masih bulan Desember, jadinya isi kepalaku holy-holy semua
jadinya pengen ngepost lukisan yang ini juga!
walaupun sebenarnya lukisan ini udah lama dibuat, tapi mungkin ini saat yang tepat untuk mempublikasikannya kepada duniaaaa
haha



jadddi, sebenarnya melukis wajah Yesus itu udah jadi impian aku sejak lama. Tapi, berhubung aku masih pemula dan spesialisasi ku juga bukan melukis wajah, jadinya masih belum berani buatnya. Namun, entah kenapa awal tahun kemarin (tahun 2011) niat untuk melukis wajah Yesus itu semakin menggebu-gebu. Sayangnya aku belum tau mau gambar yang gimana, searching di Google juga nggak membuahkan hasil. Daann, Tuhan akhirnya tunjukkan jalan. Pas lagi buka home Facebook, Hilda, my chidhood friend lagi posting karyanya berupa wajah Yesus tapi dengan format gambar digital. Setelah lihat itu, aku langsung terinspirasi buat gambar wajah Yesus dengan bentuk yang hampir sama tapi bedanya aku pakai media kanvas dan cat air. Awalnya agak ragu, ngga yakin dengan kemampuan sendiri, tapi akhirnya aku yakinin diri sendiri buat bikin gambar ini.

Berhubung waktu itu lagi bulan April, rencananya lukisan ini mau aku buat sebagai momentum perayaan Paskah. Masih ingat jelas waktu pembuatannya itu di malam hari, kira-kira jam 10an malam. Hari minggu kalau aku ngga salah. Awalnya aku buat sketch di atas kanvas, yang sebenarnya jarang aku lakukan sebelum melukis karena biasanya aku langsung numpahin aja warna-warnanya di atas kanvas. Taapi, kali ini beda. Biasanya aku melukis abstrak atau naturalisme, sketsa sebelum melukis tidak terlalu diperlukan. Karena kali ini lukisannya wajah Yesus, proporsi mata, hidung dan mulut harus pas. 

Kemudian aku mulai bikin background hitam di atas kanvas, dan dilanjutkan dengan buat wajah-Nya. Warna ungu sebagai simbol dari darah Yesus di kayu salib. Part yang paling sulit itu pas buat mata Yesus. Kita tahu bahwa sorot mata itu sangat berperan penting dalam melukis wajah. Dan belum lagi tema lukisan ini adalah penyaliban Tuhan Yesus. Sempat agak stress awalnya, tapi aku berdoa sama Tuhan supaya dikasih hikmat pas gambarnya. Jujur, ini pertama kalinya aku banyak berdoa sepanjang pengerjaan sebuah lukisan. Entah kenapa kalau melukis wajah Yesus itu beban dan tanggung jawabnya lebih besar.

Setelah wajah-Nya selesai, aku tambahin warna abu-abu di beberapa bagian sebagai efek shadow. Secara komposisi warna , sebenarnya cukup sama dengan karya nya Hilda. Aku hanya eksplore sedikit di beberapa bagian. Yang terakhir itu buat kawat duri di kepala Yesus. Awalnya aku kira ini bagian yang cukup mudah. Tapi ternyata meremehkan sesuatu itu adalah pekerjaan yang salah. Duri-duri yang aku buat berantakan. Efek melingkarnya ngga kelihatan. Sempat down pas liat hasilnya, mau nangis rasanya lukisan udah hampir jadi tapi justru part pentingnya itu ngga keliatan bagus. Akhirnya , setelah mikir cukup lama, aku timpa lagi dengan kawat duri yang baru. Sebenarnya, technically ngga aku timpa, hanya aku tambahin duri-durinya dengan warna abu-abu. Karena awalnya durinya aku buat pakai warna ungu. Setelah beberapa lama berkutat di pembuatan kawat duri itu, FINALLY lukisannya selesai. PUJI TUHAN bangeett!! 

Jujur, bahkan dari awal pun aku ngga nyangka bakalan bisa buat lukisan wajah Yesus. Tapi, kasih karunia Tuhan itu betul-betul luar biasa bekerja dalam tanganku, talentaku. Walaupun bisa dibilang secara konsep aku nyontek dari karya teman, tapi aku cukup bangga sama lukisan ini. SANGAT malahan! Bisa dibilang ini karya MASTERPIECE aku sampai sekarang. SELAMANYA mungkin, secara ini lukisan wajah pertama yang aku buat dan secara berani-beraninya aku langsung buat wajah Yesus. And it WORKS! Really-really HAPPY! Really-really big thanks buat Yesus, buat Hilda dan karyanya yang luar biasa, dan dukungan dari teman-teman juga. ^^

Setelah lukisan ini, aku sempat mikir untuk buat lukisan-lukisan bertema rohani yang lainnya. Mungkin kronologis penyaliban Tuhan Yesus, kisah kelahiran Tuhan Yesus, atau mungkin tema-tema dari kitab Mazmur. Entahlah. Aku masih memperbaiki kemampuan melukis juga. Harapannya ke depan talentaku bisa dipakai buat menjadi berkat bagi orang banyak. Dan yang paling utama, untuk MEMULIAKAN TUHAN! :)

Okehhh,
sekian dulu a little piece of my heART nyaaa
nantikan episode-episode berikutnyaaaaaa!!!!!

GOD BLESS!



0 komentar:

Posting Komentar